You are currently viewing Mahasiswa Agroteknologi Lakukan Kunjungan Ilmiah Ke PT. Eka Timur Raya

Mahasiswa Agroteknologi Lakukan Kunjungan Ilmiah Ke PT. Eka Timur Raya

BREBES (UNAS) – Pada hari Rabu, 14 Agustus 2024, mahasiswa Program Studi Agroteknologi Universitas Nasional (UNAS) mengadakan kunjungan ilmiah ke PT. Eka Timur Raya (ETIRA) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Lapang (KKL) di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah. Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami lebih dalam proses budidaya hingga pascapanen dan pengepakan jamur champignon.

Pagi hari, para mahasiswa yang didampingi oleh Kaprodi Agroteknologi, Ir. Etty Hesthiati, M.Si, serta dosen pendamping Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr, Ir. Asmah Yani, dan Ir. Wayan Rawiniwati, M.Si, disambut hangat oleh Bapak Saman beserta tim dari PT. ETIRA. Dalam sambutannya, Pak Saman menyampaikan rasa senangnya atas kunjungan mahasiswa UNAS dan menjelaskan bahwa kunjungan ini tidak hanya memperkenalkan PT. ETIRA dan proses budidaya jamurnya, tetapi juga membuka peluang untuk kemungkinan kerjasama di masa depan.

Mahasiswa kemudian diajak berkeliling oleh Pak Imron untuk melihat langsung proses budidaya jamur champignon dari awal hingga tahap panen. Selanjutnya, mereka mengunjungi tempat pengepakan yang dipandu oleh Pak Sunadin, di mana mahasiswa dapat melihat bagaimana jamur dipersiapkan untuk distribusi.

Kunjungan ini diakhiri dengan penjelasan lebih mendalam tentang PT. ETIRA oleh Pak Saman dan disertai dengan hidangan olahan jamur champignon yang disajikan kepada para peserta. “Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan mahasiswa tentang dunia agribisnis, khususnya dalam budidaya jamur, tetapi juga mempererat hubungan antara dunia akademik dan industri” Ucap Saman.

PT. Eka Timur Raya adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang budidaya dan pemasaran jamur yang terbesar di Asia Tenggara, serta telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan mulai dari supermarket hingga restoran. (ADM AGRO)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.