You are currently viewing KULIAH KERJA LAPANG (KKL) MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN  TH. AKADEMIK 21/22

KULIAH KERJA LAPANG (KKL) MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN TH. AKADEMIK 21/22

Mahasiswa Fakultas Pertanian Angkatan tahun 2019 melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapang (KKL) yang berlokasi di Desa Jeruk, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Lapang (KKL) yang diikuti sebanyak 46 mahasiswa prodi Agroteknologi serta 2 dosen pembimbing lapang yakni Ir. Etty Hesthiati, M.Si dan Ir. Inkorena G.S Sukartono, M.Agr. ini dilaksanakan sepuluh hari yakni dari tanggal 16 s/d 25 Agustus 2022.

Kuliah Kerja Lapang (2107000501) merupakan mata kuliah wajib di semester 6 bagi  mahasiswa Prodi Agroteknologi untuk menimba ilmu secara langsung di lapang bersama para petani sebagai bentuk pembelajaran. Penyambutan kegiatan KKL di Desa Jeruk disambut baik oleh Kepala Desa Jeruk yakni Bapak Joko.

“Desa Jeruk merupakan desa yang seratus persen warganya adalah petani” tutur Kades Joko. Selain itu beliau juga menyampaikan rasa bangga kepada paramahasiswa yang masih mau bergelut dibidang pertanian karena menurutnya pertanian merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan bangsa.

Rangkaian kegiatan KKL yang bertepatan dengan HUT RI ke-77 ini juga dimanfaatkan sebagai momen untuk lebih dekat bersama warga Desa Jeruk. Kolaborasi mahasiswa KKL dengan warga desa berjalan baik diantaranya keikutsertaan upacara hari kemerdekaan di lapangan Kecamatan Selo, kegiatan lomba-lomba, serta kegiatan jalan sehat yang diikuti ribuan warga Desa Jeruk.

Selain itu kegiatan KKL juga diisi dengan kegiatan kunjungan-kunjuan ilmiah yang bertujuan menambah wawasan dan relasi. Kunjungan pertama yang dilakukan adalah berkunjung ke Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta. Pada kunjuan ini rombongan mahasiswa KKL yang didampingi Ibu Etty dan Bapak Kartono disambut langsung dengan ramah oleh Bapak Dr. Ir. Budiarto, MP selaku Dekan Fakultas Pertanian beserta jajarannya.

Kunjungan ini merupakan awalan hubungan baik antara Fakultas Pertanian Universitas Nasional dengan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Harapan kedepan nantinya dapat terjalin kerjasama dan kolaborasi antar sesama fakultas pertanian.

Kunjungan berikutnya dilanjutkan menuju PT. Serelia Prima Nutrisia yang berlokasi di Jl. Imogiri Timur Km 9 Jati, Wonokromo-Pleret, Bantul, Yogyakarta. Kedatangan mahasiswa KKL disambut baik oleh Bapak Sukhoy selaku pemilik perusahaan penyedia pangan alternatif olahan umbi garut ini, yang dikenal sebagai produk Oriflakes di pasaran.

Wawasan yang banyak disampaikan Bapak Sukhoy berdasarkan pengalamannya kepada mahasiswa KKL, beliau menceritakan perjalanan usahanya itu mengolah umbi garut yang sebelumnya tidak banyak dimanfaatkan namun olehnya potensi umbi garut dikembangkan hingga menjadi produk pangan yang bergizi serta menyehatkan untuk dikonsumsi. Akhir kunjungan ditutup dengan penyerahan plakat Universitas Nasional dan kenang-kenangan serta pembagian bingkisan produk Oriflakes olahan umbi garut kepada semua mahasiswa KKL. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.