You are currently viewing Edukasi Pertanian Seru: Anak-Anak TK Wijaya Kusuma Menjadi Ahli Pertanian untuk Sehari

Edukasi Pertanian Seru: Anak-Anak TK Wijaya Kusuma Menjadi Ahli Pertanian untuk Sehari

Jakarta (UNAS) – Pusat Laboratorium Universitas Nasional, Jakarta, berubah menjadi arena permainan dan pembelajaran yang luar biasa pada Rabu, 7 Juni 2023. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Biologi dan Pertanian Universitas Nasional kembali menggelar kegiatan rutin edukasi pertanian, dan kali ini anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) Wijaya Kusuma menjadi bintang utamanya.

Acara dimulai dengan gemerlap tawa dan sorak sorai dari anak-anak yang penuh semangat, ketika para mahasiswa Agroteknologi memperkenalkan diri mereka sebagai ‘kakak mentor’ yang akan menjadi teman bermain sekaligus guru pada hari itu. Untuk membuka rangkaian kegiatan, mereka bermain games konsentrasi dan tebak gambar bersama. Suasana akrab yang tercipta sejak awal membuat anak-anak merasa nyaman dan antusias mengikuti segala aktivitas selanjutnya.

Para Mahasiswa Agroteknologi dan Murid PAUD Wijaya Kusuma selesai membuat pupuk organik
Para Mahasiswa Agroteknologi dan Murid PAUD Wijaya Kusuma selesai membuat pupuk organik

Setelah pembukaan yang penuh semangat, anak-anak didampingi oleh para kakak mentor untuk menjadi ahli pertanian sehari. Mereka belajar menanam sayuran kangkung dengan tangan sendiri dengan penuh semangat. Pada sesi pemanenan sayuran pakcoy menjadi momen berharga, terdengar teriakan kegembiraan setiap kali mereka berhasil memetik hasil tanaman. Tak hanya itu, mereka juga diajak dalam petualangan kreatif dengan pelatihan pembuatan pupuk bokashi dan pembuatan takoyaki, memberikan mereka wawasan praktis dalam dunia pertanian yang penuh warna.

Kegiatan berakhir dengan sesi tanya jawab yang penuh gembira, di mana anak-anak dengan penuh antusias mengutarakan pertanyaan tentang segala hal yang mereka pelajari hari itu. Tidak lupa, momen berharga adalah ketika anak-anak bersama dengan guru-guru mereka, serta kakak mentor berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Senyum cerah dan tatapan penuh kebahagiaan tergambar jelas di setiap wajah, menandakan kesuksesan acara ini.

Para Murid PAUD Wijaya Kusuma memamerkan hasil panen mereka
Para Murid PAUD Wijaya Kusuma memamerkan hasil panen mereka

“Kegiatan ini bukan hanya tentang pertanian, tetapi juga tentang menumbuhkan potensi dan kecerdasan anak-anak sejak dini. Kami berharap melalui kegiatan ini, mereka dapat melihat bahwa belajar itu menyenangkan, dan ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari di luar kelas,” ujat Ir. Etty Hesthiati, M.Si., Ketua Program Studi Agroteknologi dan penggagas kegiatan ini.

Dengan keberhasilan kegiatan ini, Prodi Agroteknologi Universitas Nasional terus berkomitmen untuk menginspirasi generasi muda melalui kegiatan edukasi pertanian, membentuk karakter mereka sejak dini, dan menanamkan semangat berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik. (ADM AGRO)