You are currently viewing Kenalkan Pertanian Organik, Prodi Agroteknologi Buat Pupuk Bokashi dengan Murid PAUD Melati II

Kenalkan Pertanian Organik, Prodi Agroteknologi Buat Pupuk Bokashi dengan Murid PAUD Melati II

Jakarta (Unas) – Prodi Agroteknologi Universitas Nasional menggelar kegiatan Edukasi Lingkungan Sejak Dini Berbasis Pertanian, melibatkan murid dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Melati II. Acara ini berlangsung pada Kamis, 25 Mei 2023 di Lahan Bambu Kuning, Pusat Laboratorium Universitas Nasional, Jakarta.

Kaprodi Agroteknologi sedang Memberi Sambutan
Kaprodi Agroteknologi sedang Memberi Sambutan

“Pada kesempatan ini kami menerima kunjungan anak-anak PAUD untuk belajar pertanian di Prodi Agroteknologi Unas. Kami memberikan edukasi lingkungan dengan praktik pertanian organik,” ujar Kaprodi, Ir. Etty Hesthiati, M.Si.

Dibantu oleh para mahasiswa Agroteknologi Unas yang sekaligus menjadi mentor pelatihan kegiatan ini dimana kegiatan diawali dengan senam bersama dengan anak anak dari PAUD Melati II Pejaten.

Pertanian organik merupakan satu konsep pertanian yang menitik bertakan pada tanah organik, pupuk organik dan bisa menghasilkan sayuran atau buah yang organik juga. Kegiatan ini sekaligus juga sebagai pembelajaran mengenai pentingnya pertanian berkelanjutan dengan tanpa bahan kimia kepada anak anak usia dini sebagai wujud melestarikan lingkungan dan keamanan pangan.

Kegiatan edukasi ini dilakukan melalui praktik langsung mulai dari pembuatan pupuk bokashi dan bekatul dengan tambahan mikroorganisme pengurangai (EM4). Kemudian anak anak diarahkan ke lahan sebagai contoh pengaplikasian pupuk serta diajarkan cara menanam dan merawat tanaman hingga sampai akhir pada tahap pemanenan.

Para Mahasiswa Agroteknologi yang Bertugas Menjadi Mentor
Para Mahasiswa Agroteknologi yang Bertugas Menjadi Mentor

Setelah lelah melakukan aktivitas di lahan, anak anak PAUD Melati II diajarkan juga cara pengolahan hasil pertanian dengan membuat takoyaki sendiri dan diakhiri dengan makan bersama hasil buatan mereka.

Kegiatan seperti ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Agroteknologi UNAS, sudah banyak kegiatan serupa yang pernah dibuat. Melalui kegiatan seperti ini menjadi bagian dalam tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Sudah menjadi tanggu jawab sebuah perguruan tinggi memberikan pelayanan pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat terlebih bagi di lingkungan sekitar. (ADM AGRO)